Kamis, 18 Agustus 2011

Yuk Belajar Nulis 2

Kiat Menemukan Ide dan Mengembangkan Ide,
Kiat didefinisikan sebagai cara/strategi/taktik/kunci.

Kiat menemukan ide adalah mengenali dimana sumber ide itu berada.
Dimana ide berada?



Sumber ide :
Manusia (siapapun selain diri sendiri), media bacaan (Koran, buku, majalah, bulletin, jurnal, dll), media (radio, televise), tanaman (bunga, padi, singkong, tanaman hias, sayur mayur dll), binatang (dari gajah, macan, belalang hingga nyamuk), gedung (dari yang tinggi hingga rumah bedeng/tenda), bangunan, fenomena/kejadian dalam masyarakat, media pergaulan seperti face book dan ragam produk jaringan internet, kemajuan teknologi, bencana,  rasa bahagia atau pun sedih, gembira atau terluka, segala yang hidup dan bahkan kematian adalah sumber ide untuk menulis/ditulis. Nah, disitulah kita bisa menemukan ide.

Bagaimana menemukan ide?
Ide bisa ditemukan melalui berbagai cara baik dengan sengaja maupun tidak sengaja dan kapan saja.

Mereka yang berjiwa penulis, gemar membaca, mendengarkan, melihat, merasakan, berfikir dan memikirkan. Mereka yang tidak hobby seperti yang di sebutkan, tidak akan bisa menulis.
Kebiasaan ini akan mengundang munculnya ide yang selalu baru. Pelan tapi pasti, indra mereka menjadi sensitive terhadap fenomena apapun.

Ketika  mencium wangi hangus bahu nasi liwet di perkampungan kuliner, tiba-tiba  berfikir  menulis tentang bagaimana aktivitas ekonomi mereka. Ini bisa menjadi sebuah usulan program penelitian dan pengabdian masyarakat di perguruan tinggi (yang tentu saja ada pendanaannya).

Ketika mata menyaksikan anak kecil yang mengemis di pinggir jalan,  mendapat ide menulis tentang kemiskinan dan cara pemerintah menanganinya, ini menjadi judul artikel Koran.

Ketika menyaksikan lansia mengemis di jalanan,  berfikir  dan bertanya “kemana anak-anak mereka”. Apakah mereka tidak punya cukup kasih sebelumnya kepada anak-anaknya sehingga sekarang ini tak ada lagi anak-anak yang mengasihinya. Ini menjadi rencana sebuah judul buku “kehilangan kasih”.


Kiat Mengembangkan Ide?

Cara yang paling umum mengembangkan ide adalah dengan menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang disebut sebagai WH_Questions (What, Why, When, Where, Who (m), How (to solve)), namun pelaksanaannya dapat saja merupakan kombinasi salah dua atau salah tiganya.
Adapun teknisnya bisa dengan menggunakan pemetaan pikiran/mind mapping sederhana.

Simpulan;

Kiat menemukan dan mengembangkan ide adalah melatih kepekaan/sensitifitas indra terhadap setiap kejadian di sekitar, lalu menggagas apa yang seharusnya dilakukan dengan fenomena yang dilihat tersebut.

Cara meningkatkan sensitifitas adalah dengan berlatih terus menerus/membiasakan diri antara lain:

Mendengar lalu menulis
Melihat lalu menulis
Membaca lalu menulis
Merasakan lalu menulis
Jangan lupa dalam proses menulis juga “memikirkan jalan keluarnya”.good luck

Sumber : http//johnru.multply.com




Related Article:

0 komentar:

Posting Komentar


 

Visitor

free counters

solo sinau

SoloSinau - Bengawan.org

info

www.bankinginfo.com.
Copyright 2010 life skill. All rights reserved.
Themes by Bonard Alfin l Home Recording l Distorsi Blog